Tiara, Aurina Indah (2021) Aktivitas Event Management di Kompas Gramedia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (239kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (51kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Transformasi digital di berbagai perusahaan sedang berkembang dengan pesat. Baik sebagai akibat dari Covid-19 maupun karena potensi digitalisasi yang sangat terbuka. Salah satu potensi tersebut adalah pangsa pasar yang menjanjikan, hal ini dapat dilihat dari tingkat penetrasi internet masyakarat Indonesia yang kian hari kian meningkat. Selaras dengan tren tersebut, kemudian muncul fenomena online event atau event yang dihelat secara virtual dengan mengutilisasi berbagai tools, channel, dan software. Hal ini disebabkan oleh ruang gerak yang terbatas karena Covid-19 dan kemudian para penyelenggara event melihat adanya potensi dan/atau peluang untuk mengubah format dari offline menjadi online dengan pangsa pasar yang menjanjikan, dan Corporate Human Resources Kompas Gramedia merupakan salah satu pihak yang turut berpartisipasi dalam fenomena ini. Dalam laporan ini, akan membahas bagaimana aktivitas event management di Corporate Human Resources, khususnya di Growth Center dan Kognisi yang memiliki unique selling point (USP) pengembangan sumber daya manusia. Adapun event management yang dilaksanakan antara lain: Career Preparation Program, Ready Set Rise (Virtual Job Fair and Webinar Conference), dan berbagai Elective Class Kognisi. Dalam praktiknya, event management yang dilakukan masuk ke dalam kategori Business and Educational Events menurut Kilkenny (2016) dan telah memenuhi proses perencanaan event menurut Goldblatt (2014). Dari proses kerja magang ini, penulis menemukan bahwa mata kuliah yang dipelajari di Universitas Multimedia Nusantara sangat relevan dengan keadanyaan nyata di dunia kerja, terdapat beberapa tantangan dan keuntung online event dibandingkan offline event, dan bahwa penyelenggaraan event juga dapat dilakukan oleh HR Departement dengan USP dan target market tersendiri.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | online event, event management, transformasi digital, pengembangan sumber daya manusia |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:04 |
Last Modified: | 11 May 2023 07:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16613 |
Actions (login required)
View Item |