Klasifikasi Opini Pengguna Aplikasi TripAdvisor di Indonesia dari Google Play Store Menggunakan Metode SVM

Putra Hananda, Hizkianadi (2021) Klasifikasi Opini Pengguna Aplikasi TripAdvisor di Indonesia dari Google Play Store Menggunakan Metode SVM. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (561kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

TripAdvisor ini merupakan sebuah Travel App yang merupakan sebuah wadah bagi travel agent untuk menawarkan sebuah jasa dan memberikan daftar paket wisata yang mereka sediakan berbasis online. Aplikasi TripAdvisor dapat diunduh untuk para pengguna melalui Google Play Store. Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasi sentimen terhadap ulasan-ulasan para pengguna aplikasi TripAdvisor dari Google Play Store yang nantinya akan diklasifikasikan ke dalam 2 kategori yaitu sentimen negatif dan sentimen positif sehingga hasil klasifikasi ini nanti dapat dijadikan sebuah acuan atau informasi untuk TripAdvisor dan selain itu juga untuk mengetahui apakah opini yang ditulis oleh pengguna di Google Play Store terhadap aplikasi TripAdvisor cenderung mengarah ke opini yang positif atau negatif. Pada penelitian kali ini juga akan dilakukan proses pelabelan terhadap opini-opini yang digunakan yaitu dengan melihat jumlah rating yang diberikan terhadap opini, jika rating yang diberikan terhadap opini berkisar 1-2 opini tersebut akan masuk ke label negatif, jika opini memiliki rating 3 akan dilakukan evaluasi dengan melihat dari sisi opini apakah cenderung mengarah ke label negatif atau positif, dan untuk opini yang memiliki rating 4-5 akan masuk ke dalam label positif. Selanjutnya akan dilakukan pengujian menggunakan metode SVM (Support Vector Machine) karena berdasarkan penelitian terdahulu yang sudah ada, metode ini dinilai memiliki sebuah akurasi yang akurat sehingga diharapkan dengan menggunakan metode SVM dalam penelitian kali ini mendapatkan hasil yang akurat. Hasil pengujian terbaik didapatkan dari pengujian menggunakan fitur N- Gram Range 1,1 (Unigram) yang menghasilkan akurasi sebesar 94%, recall 95%, precision 99%, dan F1_Score 97%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Sentimen, Google Play Store, N-Gram, Support Vector Machine, TF-IDF, TripAdvisor
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:07
Last Modified: 03 Aug 2023 02:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16719

Actions (login required)

View Item View Item