Tasya Suherman, Renna (2021) Tingkat Keterlibatan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara dalam Pembelajaran Daring. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran diperlukan adanya partisipasi yang dibangun dari aspek keterampilan belajar menyesuaikan dengan standar kompetensi keberhasilan pembelajaran dalam komunikasi pendidikan. Pembelajaran daring sebagai inovasi dalam komunikasi pendidikan membangun aspek keterlibatan dalam pembelajaran berdasarkan teori CMC yang terbagi atas 5 aspek yaitu communicate, collaborate, create, collect, dan critique yang merepresentasikan standar kompetensi capaian pembelajaran dalam komunikasi pendidikan. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara angkatan 2020 dengan total sampel sebanyak 341 responden dari 14 jurusan yang dipilih menggunakan teknik proportionate quota sampling. Peneliti menggunakan Computer Mediated Communication Theory yang memang berkaitan dengan bidang pendidikan terkait komunikasi menggunakan media yang dikaitkan dengan konsep komunikasi pendidikan berdasarkan kesamaan komponen penyusun, aspek keterampilan dalam standar kompetensi yang dicapai. Dengan menggunakan metode kuesioner dan teknik analisis univariat, diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa secara keseluruhan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi perihal pemenuhan keterampilan belajar sebesar 87,33%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | komunikasi pendidikan, keterlibatan mahasiswa, pembelajaran daring |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and Learning |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 17:21 |
Last Modified: | 11 May 2023 06:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16735 |
Actions (login required)
View Item |