Representasi Stereotip Generasi Z dalam Iklan Layanan Masyarakat 'Stereotipe Z': Analisis Semiotika Roland Barthes

Melisa, Melisa (2021) Representasi Stereotip Generasi Z dalam Iklan Layanan Masyarakat 'Stereotipe Z': Analisis Semiotika Roland Barthes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (156kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

`Stereotipe Z' merupakan judul iklan layanan masyarakat unggahan Sinema Face di YouTube yang mendapat penghargaan juara satu nasional lomba iklan layanan masyarakat pendidikan anak dan remaja tahun 2019. Iklan layanan masyarakat ini menyajikan konten tentang anak-anak SMA di Indonesia. Lebih spesifik, konten ini memaparkan pandangan masyarakat terhadap sikap generasi Z yang lahir bersamaan dengan perkembangan teknologi, sehingga sebagian besar aktivitas generasi Z dipengaruhi oleh teknologi melalui smartphone. Penelitian yang berjudul "Representasi Stereotip Generasi Z dalam Iklan Layanan Masyarakat `Stereotipe Z': Analisis Semiotika Roland Bartes" bertujuan untuk mengetahui representasi stereotip pada generasi Z melalui tanda-tanda berupa audio dan visual yang saling berhubungan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan yakni semiotika. Penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika milik Roland Barthes yang bertujuan untuk mengungkap makna denotasi dan konotasi, serta mitos pada suatu tanda. Hasil penelitian ini menunjukkan representasi stereotip generasi Z dalam iklan layanan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari tanda-tanda yang muncul pada beberapa adegan iklan layan masyarakat `Stereotipe Z' yang dijabarkan melalui kajian sintakmatik dan kajian paradigmatik untuk mencari denotasi, konotasi dan mitos dengan menggunakan lima kode pembacaan milik Roland Barthes. Mitos yang ditemukan yakni generasi Z merupakan kelompok yang malas membaca buku cetak karena mereka terbiasa dengan perkembangan teknologi yang dapat dengan instan menyajikan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Stereotip, Generasi Z, Semiotika Roland Barthes, Iklan Layanan Masyarakat
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:58
Last Modified: 28 Apr 2023 02:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item