Analisis Manajemen Mutu Menggunakan Standar ISO 9001:2015 Klausul 7 pada PT XYZ

Darmadi, Darmadi (2021) Analisis Manajemen Mutu Menggunakan Standar ISO 9001:2015 Klausul 7 pada PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (66kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (613kB)

Abstract

Manajemen mutu merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan, sebab seorang pelanggan pastinya ingin suatu produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penyedia ataupun sesuai dengan ekspektasi. Sistem Manajemen Mutu (SMM) diperlukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. ISO 9001 merupakan salah satu framework yang menjadi standar untuk mengukur sistem manajemen mutu dan memiliki peran utama yang penting dalam suatu bisnis internasional. Melalui versi 2015, ISO 9001 memperkenalkan sebuah ketentuan baru yaitu persiapan atau pola pemikiran berdasarkan risiko. Pemikiran berbasis risiko harus dapat ditangani dan dikelola pada semua aspek fungsi dan proses sistem manajemen mutu. Objek penelitian ini merupakan PT XYZ yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia produk IT. Penelitian menggunakan metode analisis berdasarkan standar ISO 9001:2015 klausul ke-7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan 2 cara. Cara pertama yaitu wawancara dengan narasumber yakni supervisi divisi business analyst, dan cara kedua yaitu kuesioner yang diisi oleh divisi business analyst dan developer. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat 2 saran yang dapat diberikan kepada perusahaan untuk meningkatkan kesiapan sertifikasi. Saran pertama adalah pemberian pelatihan kepada karyawan mengenai aplikasi pihak ketiga yang dapat diintegrasikan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan saran kedua adalah mengadakan pelatihan mengenai ISO 9001:2015 untuk meningkatkan kesadaran karyawan mengenai pentingnya sistem manajemen mutu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ISO 9001, ISO 9001:2015, Manajemen Mutu
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:59
Last Modified: 14 Jul 2023 08:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16799

Actions (login required)

View Item View Item