Felyssa, Felyssa (2021) Corporate Social Responsibility Communication Strategy of PT Mitra Adiperkasa (Case Study on Corporate Social Responsibility Program Rumah Belajar Anak Bintang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Corporate Social Responsibility merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab pada lingkungan. Sebagai salah satu perusahaan terbuka, PT Mitra Adiperkasa telah menjalankan program CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada lingkungan. Salah satu program yang dijalankan oleh MAP adalah Rumah Belajar Anak Bintang yang mengangkat tema pendidikan. Corporate Social Responsibility dan strategi komunikasi merupakan dua hal yang tidak dapat berjalan sendiri. Dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility, strategi komunikasi dibutuhkan agar kegiatan CSR dapat berjalan dengan efektif. Tanpa adanya strategi komunikasi, program tak dapat dikemas secara jelas yang bisa saja mengakibatkan efek negatif pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu dan mendeskripsikan strategi komunikasi program Corporate Social Responsibility "Rumah Belajar Anak Bintang." yang dilakukan PT Mitra Adiperkasa Tbk. Adapun teori dan konsep yang penulis gunakan untuk mendukung penelitian ini adalah Corporate Communication, Strategi Komunikasi, Corporate Social Responsibility, Stakeholder, dan Citra Perusahaan. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Mitra Adiperkasa menjalankan program Rumah Belajar Anak Bintang dengan baik sesuai dengan strategi komunikasi empat tahap menurut Cutlip dan Center (2013, p. 560) yaitu pada tahap defining the problem PT Mitra Adiperkasa telah melakukan riset secara lengkap, planning & programming telah menentukan target penerima bantuan dan apa yang hendak dicapai, taking action & communicating PT Mitra Adiperkasa menggunakan media yang sesuai untuk menyampaikan pesan, dan pada tahap evaluating the program telah berhasil mencapai objektif yang dibuat dengan bukti penerima bantuan mendapatkan beasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | CSR, Strategi Komunikasi, Citra Perusahaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 17:36 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 00:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16913 |
Actions (login required)
View Item |