Perancangan UI/UX Aplikasi Social Media Venting untuk Remaja

Veda, Catherine (2021) Perancangan UI/UX Aplikasi Social Media Venting untuk Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pencurahan emosi di media sosial atau kenal dengan istilah "social media venting" menjadi kebiasaan yang umum di temukan di media sosial Indonesia, terutama pada netizen berusia remaja. Kurangnya dukungan yang ditemukan di dunia nyata membuat netizen berlari ke media sosial sebagai alternatif pelampiasan emosinya. Walau mencurahkan emosi merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan mental, namun luasnya media sosial dan komunitasnya tidak menjamin keamanan privasi netizen. Munculnya komen negatif dan pandangan buruk membuat netizen merasa cemas dalam melakukan venting di media sosial. Perancangan tugas akhir ini difokuskan penulis untuk merancang sebuah aplikasi untuk memberikan ruang untuk remaja melakukan venting, sebagai alternatif dari platform media sosial luas. Penelitian akan terfokus pada perancangan User Interface dan User Experience, dengan memanfaatkan metode Human-Centered Design. Metode riset yang digunakan penulis dalam pencarian data adalah kuesioner, Focus Group Discussion, dan wawancara. Produk akhir yang dihasilkan berupa aplikasi mobile berupa tempat bagi penggunanya untuk melakukan venting tanpa akan dipandang buruk dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: desain, aplikasi, media interaksi, UI, UX, media sosial, curahan emosi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:58
Last Modified: 17 Oct 2023 00:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16938

Actions (login required)

View Item View Item