Strategi Kampanye Sosial Gerakan #20DetikCuciCorona pada Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia

Adelayne, Chelsea (2021) Strategi Kampanye Sosial Gerakan #20DetikCuciCorona pada Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (103kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sebuah perusahaan digital creative advertising agency Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia tidak berorientasi pada profit dunia periklanan saja, melainkan juga hadir sebagai solusi dalam berkontribusi atas permasalahan sosial terkait bidang kesehatan. Virus Covid-19 yang mewabah dan menjadi concern di Indonesia perlu melakukan tindakan pencegahan laju penyebaran. Bahasa komunikasi pemerintah terkait Covid-19 dinilai terkesan eksklusif, sehingga sulit dimengerti oleh masyarakat. Maka dari itu, lahirnya kampanye sosial guna mempersuasi masyarakat dalam bentuk edukasi dan awareness dengan komunikasi yang lebih membumi agar masyarakat mudah mengerti dan rela melakukan perubahan perilaku menerapkan mencuci tangan dua puluh detik. Adanya ketertarikan terhadap kampanye yang dikemas dengan pendekatan komunikasi yang sederhana dan melalui musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kampanye Sosial Gerakan #20DetikCuciCorona pada Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep Social Marketing dari Nancy Lee dan Philip Kotler, Public Health dari Colin Tinei Chasi serta Jenis Kampanye Ideologically or Cause Oriented Campaigns dan Model Kampanye Ostergaard dari Antar Venus. Metode penelitian yang digunakan, yaitu studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif serta paradigma post-positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAC Indonesia berhasil dalam menjalankan kampanye bahkan melampaui ekspektasi, melalui proses identifikasi masalah, pembentukan tim, pencetusan ide gagasan, penetapan tujuan dan fokus, menyasar target audiens, merancang strategi dan taktik, timeline, pengelolaan kampanye, mengimplementasikan kampanye, dan melakukan evaluasi serta monitoring hingga dapat mengatasi permasalahan yang terjadi terkait Covid-19. Dengan harapan, edukasi yang dihasilkan dari kampanye Gerakan #20DetikCuciCorona dapat diteruskan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Social Marketing, Public Health, Jenis Kampanye Ideologically or Cause Oriented Campaigns, Model Kampanye Ostergaard, SAC Indonesia, Gerakan #20DetikCuciCorona, Covid-19
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:02
Last Modified: 03 Oct 2022 03:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item