Adelayne, Chelsea (2021) Strategi Kampanye Sosial Gerakan #20DetikCuciCorona pada Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sebuah perusahaan digital creative advertising agency Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia tidak berorientasi pada profit dunia periklanan saja, melainkan juga hadir sebagai solusi dalam berkontribusi atas permasalahan sosial terkait bidang kesehatan. Virus Covid-19 yang mewabah dan menjadi concern di Indonesia perlu melakukan tindakan pencegahan laju penyebaran. Bahasa komunikasi pemerintah terkait Covid-19 dinilai terkesan eksklusif, sehingga sulit dimengerti oleh masyarakat. Maka dari itu, lahirnya kampanye sosial guna mempersuasi masyarakat dalam bentuk edukasi dan awareness dengan komunikasi yang lebih membumi agar masyarakat mudah mengerti dan rela melakukan perubahan perilaku menerapkan mencuci tangan dua puluh detik. Adanya ketertarikan terhadap kampanye yang dikemas dengan pendekatan komunikasi yang sederhana dan melalui musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Kampanye Sosial Gerakan #20DetikCuciCorona pada Science, Art, & Communication (SAC) Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep Social Marketing dari Nancy Lee dan Philip Kotler, Public Health dari Colin Tinei Chasi serta Jenis Kampanye Ideologically or Cause Oriented Campaigns dan Model Kampanye Ostergaard dari Antar Venus. Metode penelitian yang digunakan, yaitu studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif serta paradigma post-positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SAC Indonesia berhasil dalam menjalankan kampanye bahkan melampaui ekspektasi, melalui proses identifikasi masalah, pembentukan tim, pencetusan ide gagasan, penetapan tujuan dan fokus, menyasar target audiens, merancang strategi dan taktik, timeline, pengelolaan kampanye, mengimplementasikan kampanye, dan melakukan evaluasi serta monitoring hingga dapat mengatasi permasalahan yang terjadi terkait Covid-19. Dengan harapan, edukasi yang dihasilkan dari kampanye Gerakan #20DetikCuciCorona dapat diteruskan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Marketing, Public Health, Jenis Kampanye Ideologically or Cause Oriented Campaigns, Model Kampanye Ostergaard, SAC Indonesia, Gerakan #20DetikCuciCorona, Covid-19 |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:02 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16980 |
Actions (login required)
View Item |