Perancangan Aplikasi Pemanfaatan Limbah Makanan Rumah Tangga sebagai Pupuk Kompos

Kanisius J.P.L Hadjon, Petrus (2021) Perancangan Aplikasi Pemanfaatan Limbah Makanan Rumah Tangga sebagai Pupuk Kompos. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (979kB)

Abstract

Pupuk kompos dengan berbahan dasar limbah makanan rumah tangga bisa sangat membantu proses pengurangan limbah makanan yang menumpuk di Indonesia. Selain untuk mengurangi dampak gas metana dari hasil limbah makanan, bisa juga untuk penghijauan lingkungan sekitar rumah tangga kita. Permasalahan utamanya adalah masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengolah limbah makanan ini agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dengan begitu bagaimana penulis merancang sebuah aplikasi tentang pemanfaatan limbah makanan rumah tangga menjadi pupuk kompos yang berguna untuk penghijauan. Proses pencarian data melalui studi dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai proses pengolahan sampah yang ternyata bisa menjadi bahan yang lebih berguna. Proses perancangan dilakukan dengan berdasarkan metode perancangan Cuello dan Vittone dalam bukunya "Designing Mobile Apps", hanya sampai pada tahapan design atau pada proses UI/UX Design. Hasil akhir dari perancangan ini berupa design interface yang diletakkan dalam aplikasi WasteMax untuk para user usia 16-25 tahun untuk memudahkan, membantu dan memberi informasi tentang pengolahan pupuk kompos dengan berbahan dasar limbah rumah tangga mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perancangan, Aplikasi, UI/UX Design, Limbah Makanan, Pupuk Kompos
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:35
Last Modified: 27 Sep 2023 01:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item