Pengaruh Social Media Marketing dan Sales Promotion Traveloka Terhadap Purchase Decision

Tiara, Aurina Indah (2021) Pengaruh Social Media Marketing dan Sales Promotion Traveloka Terhadap Purchase Decision. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak negatif di berbagai sektor dan salah satu sektor yang paling terdampak adalah sektor pariwisata. Traveloka merupakan salah satu perusahan teknologi yang bergerak di bidang pariwisata yang turut terdampak sehingga mengalami lonjakan permintaan refund hingga sepuluh kali lipat. Oleh karena itu, Traveloka menggunakan social media marketing dan sales promotion untuk mendorong purchase decision dan memperbaiki performa bisnisnya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah social media marketing dan sales promotion berpengaruh secara simultan terhadap purchase decision dan seberapa besar pengaruhnya. Untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini menggunakan tiga konsep yakni social media marketing, sales promotion, dan purchase decision dengan pendekatan penelitian kuantitatif berjenis eksplanatif serta metode pengumpulan data menggunakan survei. Populasi dari penelitian ini adalah pengikut Instagram @traveloka dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 348 responden dan tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa social media marketing dan sales promotion berpengaruh secara simultan terhadap purchase decision sebesar 47.8% dengan sumbangan social media marketing sebesar 15.5% dan sumbangan sales promotion sebesar 32.3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa social media marketing dan sales promotion secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap purhcase decision, dengan sumbangan pengaruh variabel sales promotion lebih besar dibanding variabel social media marketing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: social media marketing, sales promotion, purchase decision, COVID- 19, pariwisata
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:43
Last Modified: 11 May 2023 07:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17003

Actions (login required)

View Item View Item