Aktivitas Direct Marketing GoModal di Gojek Financial Services Platform

Devina Wingardi, Fabiola (2021) Aktivitas Direct Marketing GoModal di Gojek Financial Services Platform. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (725kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Literasi keuangan atau finansial merupakan hal yang penting untuk ditingkatkan, terlebih di tengah perkembangan dunia yang semakin maju. Indonesia sendiri merupakan negara dengan tingkat literasi finansial yang rendah dengan skor 38% per 2019, yang mana hal ini berbanding terbalik dengan tingkat inklusi keuangan yang hampir dua kali lipat lebih besar, yakni 76%. Survey dari PwC yang dilakukan di 2020 juga menambahkan secara spesifik bahwa sebesar 74% kelompok UMKM yang termasuk dalam kelompok prioritas peningkatan literasi masih memiliki pengetahuan rendah mengenai layanan jasa keuangan. Sektor permodalan juga merupakian salah satu industri yang masih minim diketahui. Inovasi teknologi telah membawa industri keuangan yang diistilahkan dengan fintech, salah satunya adalah GoModal. Produk ini merupakan hasil inovasi Gojek Group yang berada di bawah entitas tersendiri, yaitu Gojek Financial Services Platform. Tidak hanya memberikan berbagai kemudahan dalam proses permodalan, GoModal juga berusaha memberikan edukasi mengenai konsep pinjaman yang selama ini dipersepsikan sebagai hal yang tabu dan menakutkan, lewat pesan-pesan marketing nya yang dikemas dalam penggunaan bahasa yang ringan dan ramah. Dalam hal ini, penulis yang berposisi sebagai Marketing memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan berbagai aktivitas pemasaran melalui strategi direct marketing, mengingat bahwa strategi ini tepat diterapkan bagi sektor usaha B2B (business to business) seperti GoModal. Lewat segala proses kerja sebagai Marketing yang dilakukan selama kegiatan magang, penulis mendapatkan pembelajaran mengenai bagaimana cara kerja divisi pemasaran, seperti perencanaan dan pembuatan konten yang sesuai dengan target audiens produk, hingga pemilihan media yang memiliki peran dan kegunaan masing-masing dalam pemenuhan objektif. Selain mampu menjawab tujuan dari kegiatan magang ini, penulis juga memberikan saran bagi Universitas Multimedia Nusantara untuk menganjurkan dosen dalam memberikan pembelajaran yang lebih komprehensif terkait preferensi penggunaan strategi dalam direct marketing terhadap orientasi bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, saran untuk Gojek Financial Services Platform berhubungan dengan alur koordinasi dalam tim yang mampu dipertahankan dan ditingkatkan agar penyelesaian pekerjaa bisa jauh lebih optimal.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Gojek Financial Service Platform, Direct marketing, Direct Mail, telemarketing, fintech, Business to Business (B2B)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:31
Last Modified: 17 Apr 2023 05:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item