Pengaruh Penggunaan Kemasan Hijau dan Ecolabelling pada Produk Detergen terhadap Kepercayaan Merek Hijau

Yudhistira, Amadea (2021) Pengaruh Penggunaan Kemasan Hijau dan Ecolabelling pada Produk Detergen terhadap Kepercayaan Merek Hijau. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (562kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, trend pola konsumen menunjukkan bahwa tingkat kepedulian terhadap isu lingkungan, hal ini menyebabkan konsumen mulai mencari produk dan merek yang sejalan dengan nilai yang mereka miliki yaitu mengangkat isu-isu ling- kungan. Salah satu bisnis yang mengangkat isu lingkungan pada produknya ada- lah adalah Rinso. Rinso menawarkan produk detergen dalam kemasan isi ulang (pouch) yang memiliki kemasan hijau dan ecolabelling pada produknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kemasan hi- jau terhadap kepercayaan merek hijau detergen Rinso, untuk mengetahui pengaruh penggunaan ecolabelling terhadap kepercayaan merek hijau detergen Rinso, dan untuk mengetahui penggunaan kemasan hijau dan ecolabelling secara bersamaan terhadap kepercayaan merek hijau detergen Rinso. Penelitian ini menggunakan konsep green product, kemasan hijau, ecolabelling, dan ke- percayaan merek hijau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Populasi dari penelitian ini merupa- kan followers akun Instagram @rinsoid yang masuk ke dalam generasi milenial dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 328 responden. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan kemasan hijau dan ecolabel- ling secara bersamaan sebesar 85.6%. Secara parsial, variabel X1 yaitu kemasan hijau memiliki pengaruh terhadap kepercayaan merek hijau detergen Rinso dengan arah hubungan yang positif dan variabel X2 yaitu ecolabelling juga mem- iliki pengaruh terhadap kepercayaan merek hijau detergen Rinso dengan arah hub- ungan yang positif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kemasan hijau, eco-labelling, kepercayaan merek hijau
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:29
Last Modified: 15 May 2023 01:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item