Analisis Pengaruh Greenwashing pada Green Purchase Intention yang dimediasi oleh Green Consumer Confusion, Green Perceived Risk, dan Green Trust: Telaah pada Galon Sekali Pakai Le Minerale

Nadya Gunadi, Naomi (2021) Analisis Pengaruh Greenwashing pada Green Purchase Intention yang dimediasi oleh Green Consumer Confusion, Green Perceived Risk, dan Green Trust: Telaah pada Galon Sekali Pakai Le Minerale. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah sampah plastik dari waktu ke waktu mendorong manusia untuk semakin peduli terhadap lingkungan. Kondisi ini membuat berbagai perusahaan berlomba- lomba untuk melakukan inovasi pada produknya dengan tujuan meminimalisir dampak kepada lingkungan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, muncul perusahaan-perusahaan yang seolah-olah melakukan inovasi untuk lingkungan akan tetapi sebenarnya produk tersebut justru berbahaya bagi lingkungan atau tindakan ini dikenal dengan nama greenwashing. Salah satu perusahaan yang dituduh melakukan greenwashing adalah Le Minerale dengan produk galon sekali pakainya, menggunakan material PET yang digadang-gadang sebagai wadah yang ramah lingkungan karena mudah di daur ulang. Akan tetapi munculnya produk ini menuai reaksi pro-kontra masyarakat salah satunya muncul berbagai petisi yang ditujukan untuk menolak Galon sekali pakai ini karena dikhawatirkan produk ini justru akan menambah jumlah sampah plastik di Indonesia. Sebuah survei online dilakukan dan dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM) dengan 233 responden yang telah memenuhi syarat berhasil dikumpulkan lalu dianalisis menggunakan software LISREL 8.8 dengan hasil sebagai berikut greenwash berpengaruh terhadap green consumer confusion, green perceived risk, green trust, dan green purchase intention. green consumer confusion dan green perceived risk juga memiliki pengaruh langsung kepada green trust serta green consumer confusion, green perceived risk, dan green trust menjadi variabel mediasi

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Greenwash, Green Perceived Risk, Green Consumer Confusion, Green trust, Green Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:41
Last Modified: 27 Jun 2023 07:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item