Lauwrensia, Anastasia Pratiwi (2021) Pengaruh Green Storytelling Marketing #CeritaKompos terhadap Keputusan Pembelian Produk Komposter Dimediasi Kesadaran Lingkungan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna media daring yang besar. Hal ini membawa banyak kegiatan mulai beralih ke ranah daring, salah satunya adalah kegiatan belanja. Kebutuhan yang paling sering dibeli secara daring adalah kebutuhan pangan. Pembelian produk pangan secara daring memberikan banyak kemudahan, namun kegiatannya berdampak meningkatkan jumlah sampah. Mulai dari kemasan pengiriman produk yang sulit diurai, hasil buangan produk juga meningkatkan jumlah sampah organik, yang saat ini menjadi jenis sampah terbanyak di Indonesia. Lambat laun, kegiatan belanja daring mendapat stigma negatif sebagai kegiatan yang mencemari lingkungan. Semakin terasa dampak negatif dari pencemaran lingkungan di masyarakat, membawa berbagai kegiatan atau organisasi mulai bertindak untuk menanggulangi masalah tersebut. Salah satunya adalah Sustaination, sebagai toko daring yang mampu membawa perubahan dengan memerhatikan sisi keberlanjutan melalui produk hijau dan berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan. Salah satu kegiatan pemasarannya menggunakan Green Storytelling Marketing, yang dikenal dengan tagar #CeritaKompos. Melalui #CeritaKompos, Sustaination menyajikan berbagai cerita perjalanan mengompos, serta mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai mengompos secara mandiri menggunakan Komposter dari Sustaination. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Green Storytelling Marketing terhadap Keputusan Pembelian produk Komposter melalui Kesadaran Lingkungan. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 338 pengikut akun Instagram @Sustaination. Hasilnya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Green Storytelling Marketing terhadap Keputusan Pembelian, Green Storytelling Marketing terhadap Kesadaran Lingkungan, Kesadaran Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian, serta ditemukan mediasi Kesadaran Lingkungan yang memengaruhi Green Storytelling Marketing terhadap Keputusan Pembelian sebesar 1,12.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Green Storytelling Marketing, Kesadaran Lingkungan, Keputusan Pembelian, Sustaination |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:59 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17275 |
Actions (login required)
View Item |