Perancangan UI/UX untuk Aplikasi "SKUY-Sinau Kuy" Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Inggil untuk Anak-Anak di Malang

Tashia, Jennifer (2021) Perancangan UI/UX untuk Aplikasi "SKUY-Sinau Kuy" Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Krama Inggil untuk Anak-Anak di Malang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (858kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Jawa ragam Krama Inggil merupakan salah satu bahasa daerah yang mengajarkan penuturnya untuk memperhatikan sopan-santun dalam berkomunikasi. Sayangnya bahasa Jawa Krama Inggil ini termasuk ke dalam salah satu bahasa yang terancam punah. Pertanyaan pada penelitian dari tugas akhir ini adalah bagaimana cara merancang sebuah media pembelajaran bahasa Jawa Krama Inggil untuk anak-anak berbasis aplikasi. Aplikasi ini ditujukan sebagai media penambahan materi pembelajaran bahasa Jawa Krama Inggil. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data gabungan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari data-data yang telah terkumpul, peneliti memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi mobile sebagai media pembelajaran bahasa Jawa Krama Inggil. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking berdasarkan buku milik Laura Klein dimana terdapat enam tahapan, emphatize, define, ideate, prototype, test, dan hasil akhir. Berdasarkan hasil user test dapat disimpulkan bahwa perancangan ini berhasil menarik minat anak-anak serta mampu menyampaikan informasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Bahasa Jawa Krama Inggil, user interface, user experience
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:57
Last Modified: 13 Oct 2023 00:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17279

Actions (login required)

View Item View Item