Coco, Christine (2021) Pengaruh Content Marketing terhadap Purchase Intention Green Product Love Beauty and Planet yang Dimediasi oleh Environmental Consciousness. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Isu lingkungan saat ini menuntut konsumen untuk lebih mempertimbangkan produk yang mereka beli dan tanggung jawab produsen terhadap lingkungan. Hal ini memberi peluang bagi produsen untuk menerapkan green marketing sebagai strategi meraih minat beli konsumen. Love Beauty and Planet menerapkan green marketing dengan cara menghasilkan produk ramah lingkungan pada bahan baku dan kemasan produknya. Untuk memasarkan produk hijaunya, Love Beauty and Planet melakukan green promotion melalui media sosial Instagram dengan cara mendistribusikan konten-koten informatif dan edukatif untuk menarik minat beli konsumen yang potensial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah environmental consciousness mampu memediasi pengaruh content marketing terhadap minat beli green product Love Beauty and Planet. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Green Marketing, Digital Marketing, Environmental Consciousness, Content Marketing, dan Purchase Intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden yang mengikuti Instagram @lovebeautyandplanet_id dengan teknik purposive sampling. Metode analisa yang digunakan adalah path analysis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention yaitu sebesar 46,6%. Untuk mempertegas hasil temuan path analysis pada penelitian ini, dilakukan juga analisis process macro yang menunjukkan bahwa variabel environmental consciousness tidak mampu menjadi variabel mediasi antara variabel content marketing terhadap purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | environmental consciousness, content marketing, purchase intention, Love Beauty and Planet |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 03:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17301 |
Actions (login required)
View Item |