Rian Epranata, Daniel (2021) Aktivitas Brand Activation berbasis Partnership di Kompas Gramedia Grid Network GridOto. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (379kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (80kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Perkembangan sektor otomotif di tengah kondisi pandemi global COVID-19 mengalami tren penurunan. Selain disebabkan oleh perlambatan ekonomi, ketergantungan sektor otomotif terhadap aktivitas offline juga sangat besar. Banyak perusahaan yang sebelumnya menerapkan aktivasi secara offline kini harus beradaptasi dengan melakukan aktivasi secara online untuk menarik minat konsumen. Laporan ini membahas evaluasi hasil magang penulis di Gridoto, sebuah media otomotif di bawah Grid Network (PT Prima Infosarana Media) yang dinaungi oleh Kompas Gramedia Group. Pada periode magang ini, penulis diberikan kesempatan untuk terlibat dalam tim yang bertugas untuk menjalankan aktivasi merek (brand activation) digital berbasis sponsorhip antara Gridoto Network dengan Yamaha Motor Manufacturing Indonesia. Aktivasi dengan tema Yamaha "Digital Modification Generasi 125" mempunyai tujuan untuk menciptakan interaksi dua arah antara konsumen dengan brand melalui kanal digital, yang diharapkan dapat mendorong pembentukan pengalaman audience terhadap terhadap brand Yamaha (brand experience), sehingga dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Hasil akhir dari aktivasi online itu melebihi target yang ditentukan dalam mencapai engagement bersentimen positif dari 252 peserta. Hal tersebut dapat dicapai karena sebelumnya Gridoto telah mempelajari kebiasaan konsumen sebelum dilakukan pendekatan. Salah satu kunci sukses pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan secara interaktif melalui media sosial terhadap komunitas yang dianggap mempunyai minat untuk berpartisipasi. Disamping itu, pihak Gridoto juga menjalankan sosial media advertisement secara berkala, yang bertujuan untuk menciptakan awareness audience tentang aktivasi yang dijalankan tersebut. Tugas yang penulis lakukan selama masa magang mencakup hal-hal seperti: brand activation process, activation segmenting and targeting audience, dan community engagement. Hal ini cukup selaras dengan konsep brand activation.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Brand Activation, Digital Activation, Community Engagement, Yamaha Generasi 125 |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:28 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17368 |
Actions (login required)
View Item |