Perbedaan Tingkat Literasi Media dan Informasi pada Siswa SMA Swasta di Tangerang: Sebelum dan Sesudah Treatment

Danniella Djapri, Nathasya (2021) Perbedaan Tingkat Literasi Media dan Informasi pada Siswa SMA Swasta di Tangerang: Sebelum dan Sesudah Treatment. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (118kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penetrasi internet di Indonesia sudah sangat tinggi, akan tetapi edukasi tentang literasi media dan informasi masih sangat minim. Banyak kalangan dari masyarakat belum memiliki sikap kritis untuk menghadapi fenomena banjir informasi di media. Pada zaman sekarang, media juga sering digunakan oleh pemilik perusahaan untuk praktik politik seperti kampanye, sehingga penting bagi publik untuk memiliki sikap yang kritis terhadap informasi. Sebagai salah satu contoh, bentuk iklan native advertising yang mulai populer dapat menipu pembaca oleh karena bentuknya yang sangat menyerupai berita dengan menggunakan kaidah jurnalistik. Untuk itu, sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki kemampuan literasi media dan informasi. Literasi media dan informasi adalah seperangkat kompetensi yang diperlukan seseorang yang dalam menghadapi perkembangan teknologi dengan sikap dasar yakni berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara tingkat literasi media dan informasi sebelum dan sesudah menerima materi tentang literasi media dan informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen terhadap 31 siswa di SMA swasta di Tangerang. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada pretest tingkat rata-rata kemampuan literasi media dan informasi adalah 3,01 dan pada posttest adalah 3,05. Ketika diuji menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Test nilai asymp.sig 0,366 sehingga bisa disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan. Menurut tingkat kemampuan literasi media dan informasi dari UNESCO, tingkat rata-rata literasi media dan informasi yang didapatkan sudah berada pada tingkat lanjut untuk dimensi akses dan evaluasi dan untuk dimensi kreasi berada pada tingkat menengah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: literasi media dan informasi, siswa SMA, UNESCO
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 709 Histroical Treatment of Fine and Decorative Art
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:09
Last Modified: 15 Jun 2023 00:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item View Item