Makna Gaya Berpakaian sebagai Identitas Diri (Studi pada Generasi Z Pengelola Akun Instagram Bertema Fashion Korean Wave)

Fagasto, Gabriella (2021) Makna Gaya Berpakaian sebagai Identitas Diri (Studi pada Generasi Z Pengelola Akun Instagram Bertema Fashion Korean Wave). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (747kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Gaya berpakaian menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari penampilan dan gaya berpakaian seseorang. Gaya berpakaian menjadi sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan identitas diri. Terutama oleh generasi Z yang terekspos ke dalam globalisasi budaya Korean wave dalam kehidupan kesehariannya dan menjadikan Korean wave sebagai inspirasi dalam gaya berpakaiannya, bahkan mendalami dunia fashionnya hingga mengelola akun yang bertemakan fashion Korean wave, terutama oleh kaum perempuan yang paling dominan dalam mengikuti tren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan gaya berpakaian sebagai identitas diri personal oleh generasi Z pengelola akun Instagram bertema fashion Korean wave, menggunakan teori utama Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini dikaji menggunakan metode studi kasus dengan sifat deskriptif, dan paradigma post-positivistik yang dilakukan dengan wawancara pada tiga orang partisipan dengan kriteria bagian dari generasi, mengelola akun bertema fashion Korean wave, dan berjenis kelamin perempuan. Melalui kajian kualitatif dan hasil wawancara, ditemukan kesimpulan bahwa pemaknaan gaya berpakaian oleh generasi Z sebagai identitas diri adalah pertama, memaknai pakaian sebagai pelindung tubuh. Kedua, memaknai pakaian yang nyaman adalah identitas dirinya ketimbang pakaian yang terlihat bagus. Ketiga, memaknai gaya berpakaian sebagai wujud komunikasi non verbal yang pertama dilihat oleh orang lain. Keempat, memaknai pakaian sebagai wujud ekspresi diri. Kelima, memaknai Instagram sebagai pendukung luasnya wawasan mengenai gaya berpakaian. Keenam, memaknai fashion Korean wave atau K-Style sebagai inspirasi gaya berpakaian sehari-hari. Ketujuh, memaknai gaya berpakaian sebagai wujud kegemaran pada idola.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gaya berpakaian, identitas diri, generasi Z, Korean wave, Interaksionisme Simbolik
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:15
Last Modified: 18 Apr 2023 07:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item View Item