Devy, Andrea (2021) Perancangan Board Game sebagai Alternatif Terapi Bermain untuk Anak Usia 6 - 10 Tahun dengan ADHD. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan sistem saraf yang menyebabkan seseorang susah fokus terhadap suatu hal, memiliki perilaku impulsif, dan cenderung hiperaktif. Penanganan untuk ADHD umumnya berupa medikasi dengan obat-obatan atau lewat terapi dengan psikolog. Namun cara tersebut belum efektif untuk menangani anak dengan ADHD. Terapi memiliki perkembangan baru yaitu metode Terapi Bermain yang ramah untuk anak-anak, dan telah terdapat penelitian yang mengaplikasikan board game sebagai salah satu alat untuk terapi bermain untuk anak ADHD. Anak ADHD memiliki kesulitan menerima pelajaran di sekolah dibanding anak pada umumnya, padahal Sekolah Dasar penting dalam membantu perkembangan anak. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin mengetahui bagaimana merancang board game sebagai alternatif terapi bermain untuk anak ADHD berusia 6 10 tahun di Jabodetabek. Penulis menggunakan metode pengumpulan data secara kualitatif dan metode perancangan board game berdasarkan Andrew Looney. Dari tugas akhir ini penulis berharap mampu memberikan alternatif terapi baru untuk orang tua yang lebih mudah dan ramah bagi anak mereka yang memiliki ADHD.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | ADHD, Terapi Bermain, Board Game |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17463 |
Actions (login required)
View Item |