Amri, Patriazka (2015) Komparasi kejujuran dan kebohongan melalui gesture tangan saat interview pada mahasiswa universitas multimedia nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kebohongan merupakan suatu bentuk upaya yang disengaja untuk menyesatkan orang lain dengan memberikan suatu informasi palsu sehingga dapat menyulitkan seseorang dalam mengambil keputusan yang membuat mendeteksi dengan cepat adanya kebohongan merupakan hal yang penting. Salah satu cara untuk mendeteksi kebohongan antara lain dengan melalui gesture tangan. Dengan adanya hal tersebut, maka dibuatlah penelitian skripsi yang berjudul “Komparasi Kejujuran dan Kebohongan Melalui Gesture Tangan saat Interview pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara” dengan tujuan mendapatkan dan membuat analisis dari data yang didapat ketika mahasiswa melakukan kebohongan saat interview untuk menemukan variabel terkait gesture tangan apa saja yang memiliki perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan mahasiswa yang berkata jujur. Proses pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara partisipan yang berjumlah 60 orang, diminta untuk menceritakan pengalamannya semasa SMA. Sebagian partisipan yang berjumlah 30 orang, diminta untuk berbohong ketika menceritakan pengalamannya, sedangkan sisanya diminta untuk menceritakan pengalamannya secara jujur. Saat partisipan menceritakan pengalamannya, penulis merekam hal tersebut dalam bentuk video dengan menggunakan kamera. Hasil analisis dari rekaman kamera menunjukkan terdapat dua variabel yang mempunyai perbedaan signifikan antara data jujur dan data bohong yaitu variabel Cohesive dan variabel Time yang mengalami penurunan bila dibandingkan dengan data jujur.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 08:10 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 01:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |