Perbedaan Tingkat Persepsi Terhadap Kualitas Newsgame di Bloomberg dan Tempo.co Menurut Khalayak

Pramesthi Prajnya Arsanti, Firstnadya (2021) Perbedaan Tingkat Persepsi Terhadap Kualitas Newsgame di Bloomberg dan Tempo.co Menurut Khalayak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (693kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (366kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Era digitalisasi memungkinkan seluruh pihak untuk memproduksi informasi yang menyebabkan fenomena banjir informasi. Pengemasan informasi dalam bentuk sederhana dibutuhkan agar masyarakat dapat memahami informasi secara komprehensif. Media daring berbasis digital memiliki keunggulan dibanding media konvensional salah satunya multimedia capability yang artinya media dapat menyajikan informasi dalam berbagai bentuk pengemasan berita. Tempo.co merupakan salah satu media daring di Indonesia yang menyuguhkan berita dalam berbagai bentuk. Pengemasan berita dalam bentuk permainan diasumsikan membuat pembaca lebih mudah untuk memahami informasi karena interaktivitasnya yang tinggi. Namun, pada kenyataannya kualitas newsgame di Indonesia belum pernah dikaji secara ilmiah. Newsgame yang baik adalah newsgame yang memiliki keseimbangan antara kualitas jurnalistik dan kualitas permainan. Newsgame Bloomberg merupakan salah satu newsgame yang telah diuji kualitasnya. Pada penelitian ini, peneliti akan meneliti perbedaan tingkat persepsi terhadap kualitas newsgame Bloomberg dan Tempo.co menurut khalayak. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada penjelasan newsgame yang ideal dan berkontribusi pada pengembangan produk jurnalistik newsgame di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen yang menggunakan design penelitian Pre-experimental design serta jenis desain one shot case study. Eksperimen dilakukan pada satu kelompok eksperimental dengan jumlah sampel 30 responden yang akan diberikan sebanyak dua perlakuan. Perlakuan pertama adalah pemberian newsgame Bloomberg Pick Your Own Brexit newsgame Tempo.co Cairkan Dana Kartu Indonesia Pintar penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif yang dilakukan dengan uji statistik non-parametrik uji Mann-Whitney. Penelitian ini menunjukkan hasil terdapat perbedaan tingkat persepsi terhadap kualitas newsgame Bloomberg dan Tempo.co menurut khalayak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Newsgame; Tempo.co; Bloomberg
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:34
Last Modified: 19 Jun 2023 03:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item