Pengaplikasian Fractal Noise dalam Wave Function Collapse untuk Terrain Generation Berbasis Tile

Cahyadi, Garrison (2021) Pengaplikasian Fractal Noise dalam Wave Function Collapse untuk Terrain Generation Berbasis Tile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (177kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB)

Abstract

Wave function collapse adalah algoritma yang digunakan untuk membuat gambar yang serupa dengan gambar inputnya. Algoritma ini kemudian diadaptasi untuk dapat digunakan pada tilemap sebagai pembuat level baik dua dimensi mapupun tiga dimensi. Sebuah tesis telah memakai wave function collapse untuk membuat terrain berukuran tak terbatas, namun terrain yang dihasilkan menggunakan biome yang ditentukan per chunk sehingga tepi dari biome lebih mudah untuk dilihat. Oleh karena itu, dibutuhkan noise untuk menentukan biome yang digunakan pada terrain yang dibentuk supaya tepi dari biome menjadi lebih sulit untuk dilihat. Noise yang digunakan pada penelitian ini adalah fractal perlin noise yang merupakan akumulasi perlin noise dengan frekuensi dan amplitudo yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan apakah fractal perlin noise dapat diaplikasikan pada wave function collapse dalam bentuk game dan mendapatkan nilai video game satisfaction melalui kepuasan pemain dari game yang telah dibangun. Evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS) menghasilkan nilai video game satisfaction sebesar 70.12%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pemain puas terhadap game yang telah dibangun. Dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian fractal perlin noise pada wave function collapse berhasil dilakukan dan pemain puas dengan game yang dibangun berdasarkan nilai video game satisfaction yang didapat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: procedural content generation, wave function collapse, fractal perlin noise, tilemap, GUESS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:27
Last Modified: 22 Aug 2023 06:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item View Item