Strategi Employee Relations dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Milenial di Masa Pandemi (Studi Kasus Program Internal Engagement Shopee Indonesia)

Agatha, Agatha (2021) Strategi Employee Relations dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Milenial di Masa Pandemi (Studi Kasus Program Internal Engagement Shopee Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Memasuki masa pandemi, pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar di mana karyawan dipaksa untuk terbiasa melakukan segala aktivitas dari rumah. Hal ini mempengaruhi bagaimana karyawan bekerja, mengalami hal ini tentu menjadi tugas utama perusahaan untuk bisa membuat karyawan tetap terhubung walaupun bekerja di rumah. Beragam program internal engagement yang dilaksanakan secara online dilihat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan selama masa pandemi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi employee relations Shopee Indonesia dalam mendukung karyawan melalui program keterikatan internal untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan milenial selama masa pandemi. Peneliti menggunakan teori human relations, dan konsep Employee Relations, komunikasi internal, dan motivasi kerja dengan mengaitkan pada generasi milenial. Peneliti melakukan metode penelitian studi kasus dengan penjodohan pola dan eksplanasi, paradigma post-positivisme, dan pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan mengolah sumber data dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employee relations Shopee Indonesia sudah mendukung untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan milenial selama pandemi, melalui berbagai program internal engagement yang diadakan setiap minggu, bulanan, dan tahunan. Hasil penilitian juga menyimpulkan bahwa feedback dari karyawan dan penyampaian informasi melalui media internal yang dilakukan secara jelas dan rutin, merupakan faktor keberhasilan employee relations dalam merencanakan program yang digemari dan memenuhi kebutuhan karyawan dengan cakupan yang lebih luas selama masa pandemi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Shopee Indonesia, Human Relations, Internal Communications, Employee Relations, Motivasi Kerja, dan Generasi Milenial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:09
Last Modified: 14 Apr 2023 00:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17603

Actions (login required)

View Item View Item