Hody Setiawan, Monica (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude dan Behavior Towards Shopping at Retailers Practicing Sustainable Grocery Packaging: Telaah pada Saruga Package-Free Shopping Store. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bisnis ritel memiliki potensi yang besar didalam industri sebab manusia selalu membutuhkan ritel untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam sehari-hari. Akan tetapi, semakin banyaknya ritel tentu saja menciptakan permasalahan lingkungan yaitu semakin bertambahnya sampah kemasan yang menyebabkan degradasi lingkungan. Oleh sebab itu, mulai terciptanya suatu gerakan yaitu zero- waste living dimana gaya hidup ini bertujuan untuk mengurangi sampah-sampah yang dihasilkan sehari-hari seperti salah satunya ialah mengurangi penggunaan sampah kemasan seperti plastik dan stirofoam. Dalam mendukung gerakan zero- waste living, muncul ritel dengan konsep package-free yang memiliki konsep dimana produk-produk yang mereka tawarkan tidak menggunakan kemasan- kemasan yang berbahaya bagi lingkungan dan pelanggan yang datang harus membawa wadah dan tas belanja sendiri. Salah satu ritel yang menggunakan konsep tersebut ialah Saruga Package-Free Shopping Store. Melihat fenomena tersebut, penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh dari environmental knowledge, environmental lifestyle, green self- identity, promotion sales, advertisement dan environmental reputation terhadap attitude dan behavior seseorang ketika berbelanja di ritel yang menerapkan konsep kemasan ramah lingkungan. Metode yang digunakan didalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 125 responden. Data-data yang telah didapatkan kemudian diolah menggunakan SPSS 25 dan LISREL versi 8.8. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel environmental lifestyle dan environmental reputation memiliki pengaruh yang positif terhadap attitude dan behavior. Sementara variabel lainnya yaitu environmental lifestyle, green self-identity, promotion sales dan advertisement tidak berpengaruh secara positif terhadap attitude dan behavior toward shopping at retailers practicing sustainable grocery packaging
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | environmental knowledge, environmental lifestyle, green self- identity, promotion sales, advertisement, environmental reputation, attitude, behavior |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:26 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17605 |
Actions (login required)
View Item |