Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Framework React Native Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis

Julian Irawan, Andre (2021) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Framework React Native Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (897kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (105kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile hybrid, ada beberapa macam framework yang dapat digunakan. Salah satu jenis framework yang banyak digunakan oleh perusahaan besar saat ini adalah React Native. React Native menawarkan fitur untuk membuat aplikasi berbasis mobile antar platform namun terdapat beberapa kesulitan dalam pembelajaran framework ini seperti harus memahami ekosistem dan konsep dari React dan cara pemrograman deklaratif. Hal ini menyebabkan pembelajaran React Native menjadi sulit bagi software developer yang ingin belajar framework tersebut. Octalysis adalah sebuah metode gamifikasi yang memiliki delapan inti yang difokuskan ke perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang & membangun aplikasi pembelajaran React Native menggunakan metode gamifikasi Octalysis untuk mengetahui behavioral intention to use dan immersion sesuai dengan model Hedonic Motivation System Adoption Mode (HMSAM). Pengujian aplikasi dilakukan dengan uji coba lapangan kepada pengguna yang ingin belajar React Native. Kuesioner yang dibuat mengacu pada model HMSAM untuk mengukur motivasi intrinsik dari pengguna yaitu keinginan pengguna untuk menggunakan aplikasi kembali (behavioral intention to use) dan fokus pengguna dalam menggunakan sistem saat pengguna menggunakan aplikasi (immersion). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengguna sangat setuju akan menggunakan aplikasi pembelajaran React Native di masa mendatang dengan persentase rata-rata sebesar 83,24% dan pengguna setuju bahwa pengguna merasa fokus ketika menggunakan aplikasi pembelajaran React Native dengan persentase rata-rata sebesar 73,79%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: aplikasi pembelajaran, gamifikasi, hmsam, octalysis, react native
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:12
Last Modified: 09 Aug 2023 00:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item View Item