Kendriya Putrialvita, Yulia (2021) Strategi Pemanfaatan Jejaring Sosial Instagram dan Tiktok oleh Kompas TV Periode Oktober 2020 - November 2020. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Adanya internet dengan segala kemudahannya sudah melekat pada masyarakat, salah satu contohnya adalah kebutuhan akan informasi serta penyebaran berita. Maka dari itu, banyak dari industri media konvensional beradaptasi mengikuti keadaan dikarenakan karakteristik spesial produk teknologi pada era ini memperlihatkan produktivitas, efisiensi, kecepatan, dan lintas batas sehingga bertransformasi dari bentuk analog menjadi digital. Salah satu wadah digital yang sudah banyak digunakan oleh industri media berita pada era digital ini dalam menyebarkan informasi adalah jejaring sosial atau media sosial. Salah satu industri media yang sudah banyak menghasilkan konten berita via jejaring sosial adalah Kompas TV, mulai dari Instagram, YouTube, dan Twitter. Hal yang menarik adalah saat ini Kompas TV juga sudah melebarkan sayap untuk menghasilkan konten berita dan dimuat dalam akun TikTok. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui strategi Kompas TV dalam memanfaatkan platform media sosial Instagram dan TikTok. Penelitian ini memiliki pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data observasi Instagram dan TikTok per Oktober-November 2020 serta melakukan wawancara dengan dua orang dari departemen digital Kompas TV. Dari hasil penelitian, media Sosial dalam lingkup jurnalistik berguna sekali dalam menaikan traffic suatu institusi media massa sehingga akan banyak mengundang audiens untuk mengakses kanal digital atau produk lain dari suatu institusi tersebut dan juga secara tidak langsung turut membantu monetisasi suatu institusi. Meskipun terdapat perbedaan dari jumlah audience engagement TikTok dan Instagram Kompas TV, strategi terpenting yang dijalankan Kompas TV adalah berhati-hati dalam membuat copywriting dan juga saat menaikan konten karena secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap engagement.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | jurnalisme digital, media sosial, Kompas TV, Instagram, TikTok |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 13:07 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 01:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17662 |
Actions (login required)
View Item |