Penerapan Teknik Editing Montage untuk Membangun Intensitas Dramatis pada Film “Tak Sampai Akarnya”

Saputra Purnama, Shyerren (2021) Penerapan Teknik Editing Montage untuk Membangun Intensitas Dramatis pada Film “Tak Sampai Akarnya”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (131kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Seringkali editor dianggap sebagai penyelamat di akhir produksi film, padahal seorang editor sejatinya merupakan sutradara ke-dua setelah sutradara utama. Editor harus terlibat dari awal hingga akhir pengembangan konsep suatu film. Editor harus memiliki pemahaman konsep tentang teknik editing yang baik untuk merealisasikan unsur- unsur dalam film. Maka dari itu pemotongan gambar di dalam film bukan hanya sekedar mengikuti cerita namun juga membangun emosi dan makna di setiap adegannya. Dalam beberapa kasus film bergenre drama, editing diperlukan untuk meningkatkan emosi penonton terhadap suatu adegan dalam film. Montage dalam editing juga dilakukan guna membangun efek dramatis sehingga emosi penonton semakin terbawa dengan adegan dalam suatu film. Maka dari itu laporan akhir ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana teori montage Sergei Eisenstein yakni salah satunya, rhythmic montage diimplemetasikan untuk membangun intensitas dramatis pada film pendek "Tak Sampai Akarnya".

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Editor, Montage, Intensitas Dramatis, Rhythmic Montage
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:53
Last Modified: 10 Oct 2023 00:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17705

Actions (login required)

View Item View Item