Penggunaan Storytelling pada Content Marketing Social Enterprise dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus Kampanye Purun Du Anyam mengenai Pelestarian Gambut dan Pemberdayaan Perempuan)

Clementine, Blessdy (2021) Penggunaan Storytelling pada Content Marketing Social Enterprise dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus Kampanye Purun Du Anyam mengenai Pelestarian Gambut dan Pemberdayaan Perempuan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Storytelling merupakan strategi yang umum digunakan oleh bisnis sosial, termasuk Du Anyam. Du Anyam bekerja berdampingan dengan perempuan- perempuan di daerah pedesaan Indonesia dan menghasilkan produk-produk anyaman yang otentik dengan menjunjung nilai budaya setempat untuk mencapai misi sosial. Bermitra dengan Badan Restorasi Gambut (BRG), Du Anyam melalui kegiatan bisnisnya turut mendukung tercapainya misi pelestarian gambut yang disertai dengan peningkatan perekonomian komunitas penganyam di Kalimantan Selatan. Du Anyam membangkitkan kesadaran targetnya akan pentingnya pelestarian gambut menggunakan teknik storytelling dalam content marketing di berbagai platform yang dimilikinya, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk anyaman berbahan dasar tanaman purun yang merupakan elemen penting bagi pelestarian gambut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Du Anyam menggunakan strategi data- driven storytelling dan philanthropic storytelling pada platform situs web dan media sosial untuk menyampaikan ceritanya, tetapi belum melakukan pengukuran yang jelas bagi setiap konten yang dibuatnya. Dalam Content Marketing Maturity Model, Du Anyam berada pada tahap thought leader. Saran akademis dari penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan pendekatan kuantitatif untuk melihat dampak content marketing terhadap pemasaran produk dan program entitas bisnis sosial, dan saran praktis bagi Du Anyam adalah perlu dilakukan pengukuran yang jelas untuk content marketing ke depan dan juga membuat konten yang mempertimbangkan customer engagement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: storytelling, content marketing, bisnis sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:38
Last Modified: 17 Apr 2023 03:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17749

Actions (login required)

View Item View Item