Impression Management Kaum LGBT dalam Intercultural Friendship (Studi Dramaturgi pada Lesbi Etnis Sunda dan Etnis Makassar)

Rizka, Widya Nur (2021) Impression Management Kaum LGBT dalam Intercultural Friendship (Studi Dramaturgi pada Lesbi Etnis Sunda dan Etnis Makassar). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adanya kasus mengenai orientasi seksual menyimpang telah banyak hadir di Indonesia, namun masih banyak masyarakat yang belum menerima kehadiran kelompok lesbian sehingga mengakibatkan diskriminasi karena dianggap melanggar nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia. Hal ini membuat para lesbian sulit untuk mengungkapkan diri serta menunjukkan kesan mengenai dirinya agar dapat diterima di hadapan publik. Bagi mereka yang berasal dari budaya yang berbeda mengadaptasikan dirinya secara hati-hati karena setiap budaya memiliki perbedaan pandangan mengenai kelompok lesbian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kesan kelompok lesbian saat berada di panggung depan dan di panggung belakang lingkungan pertemanannya yang berbeda budaya, pada penelitian ini budaya yang digunakan yaitu Sunda dan Makassar. Teori yang digunakan teori dramaturgi. Penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian menggunakan studi kasus dari Robert E. Stake. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam. Hasil temuan menunjukan bahwa panggung depan mereka adalah ketika berada di lingkungan pertemanannya dan di media sosial. Pada panggung ini, mereka berusaha menimbulkan kesan untuk menjadi lesbi yang dapat dipercaya dengan selalu berkata jujur dan meningkatkan persepsi yang ada pada dirinya dengan memberikan simpati dan empati menjadi pendengar yang baik di lingkungan sekitarnya. Sedangkan panggung belakang yang merupakan lingkungan keluarga, di mana lesbian menjadi lebih tertutup dalam menunjukan orientasi seksualnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: lesbi, dramaturgi, pengelolaan kesan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:45
Last Modified: 04 May 2023 08:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item