Rancang Bangun Game Strategi Dengan Procedural Content Generation Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Putra, Samuel (2021) Rancang Bangun Game Strategi Dengan Procedural Content Generation Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (162kB)

Abstract

Permainan strategi memberikan pemain teka-teki yang tidak terbatas dengan pemain lainnya atau komputer, tapi komputer memiliki jalan pemikiran yang statis dan membuat pemain manusia bisa mendeteksi pola pemikiran komputer yang tidak pernah berubah. Karena alasan tersebut permainan strategi berbasis single-player menciptakan banyak konten untuk memberikan pemain tantangan yang bervariasi, tapi penciptaan konten membutuhkan banyak waktu dan tenaga manusia. Procedural Content Generation semakin populer digunakan sekarang untuk menyelesaikan masalah tersebut karena dapat menghasilkan konten yang tidak terbatas. Meskipun demikian pembuatan PCG membutuhkan banyak aturan-aturan dalam algoritmanya untuk memastikan konten yang playable dan menarik bagi pemain. Penelitian ini akan merancang dan membangun permainan strategi dengan PCG yang akan mengimplementasikan metode simple additive weighting. SAW digunakan untuk mengkalkulasikan berbagai input pemain, menggabungkannya menjadi satu nilai dan kemudian mendistribusikan nilai tersebut ke beberapa jenis output yang akan dibuatkan oleh PCG. Setelah permainan telah terbangun user experience akan diukur sebelum dan setelah implementasi SAW dengan menggunakan Game Experience Questionnaire. Setelah implementasi SAW positive effects pemain bertambah sebesar 23.5%, negative effects pemain berkurang sebesar 29.83%, competence pemain bertambah sebesar 19.83%, and challenge dari permainan berkurang sebesar 22%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Game Experience Questionnaire, Procedural Content Generation, Simple Additive Weighting, Strategy Games
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:20
Last Modified: 25 Aug 2023 00:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17941

Actions (login required)

View Item View Item