Azahra, Maudy (2021) Persepsi Khalayak dari Generasi Z Tentang Kualitas Berita Vaksinasi Covid-19 di TikTok Kompas.com dan Kumparan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di era digital ini, media massa harus beradaptasi dengan munculnya platform- platform baru. Munculnya media sosial TikTok, membuat jurnalis harus menghadapi tantangan baru, yaitu memperluas platform guna mencakup audiens yang lebih luas dan memproduksi berita dengan tren di TikTok. Konten berita di TikTok harus disesuaikan dengan platformnya, yaitu berita dibuat dengan pembawaan yang lebih santai dan berdurasi singkat. Salah satu media yang telah memperluas platformnya ke TikTok adalah Kompas.com (@Kompascom) dan Kumparan (@Kumparan). Konten berita TikTok juga dibuat dengan menerapkan Mobile and Social Media Journalism (MSMJ), hal ini menjadi tantangan baru jurnalis untuk membuat berita dengan menggunakan smartphone. TikTok merupakan media sosial yang sebagian besar kontennya berisi video hiburan ringan berdurasi pendek, apakah dengan keterbatasan durasi dan karakteristik platform TikTok akan memenuhi dimensi kualitas berita? Dari penjelasan tersebut, maka penelitian ini akan berfokus pada bagaimana kualitas berita vaksinasi Covid-19 Kompas.com dan Kumparan di TikToknya yang menggunakan penerapan MSMJ dan akan meneliti pada khalayak yaitu Generasi Z. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi khalayak Generasi Z tentang kualitas berita vaksinasi Covid-19 Kompas.com dan Kumparan di TikToknya menggunakan konsep kualitas berita dan untuk mengetahui bagaimana penerapan MSMJ berpengaruh pada kualitas berita di TikTok Kompas.com dan Kumparan. Penelitian ini berjenis kualitatif, bersifat deskriptif, serta menggunakan metode studi kasus. Informan yang dipilih untuk diwawancarai dalam penelitian ini adalah enam orang khalayak Generasi Z yang menonton video berita vaksinasi Covid-19 di TikTok Kompas.com dan Kumparan. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan khalayak dari Generasi Z dalam penelitian ini setuju berita vaksinasi Covid-19 di TikTok Kompas.com telah memenuhi empat dari lima dimensi kualitas (Keragaman, Relevansi, Pemahaman, dan Akurasi) dan video berita Kumparan hanya memenuhi dua dari lima dimensi kualitas berita (Pemahaman dan Akurasi).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Berita, Mobile and Social Media Journalism, TikTok, Kompas.com, Kumparan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:16 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 06:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17951 |
Actions (login required)
View Item |