Almira Zahrani, Ilya (2021) Analisis Pengaruh Entertaining Viral Marketing Messages, Informative Viral Marketing Messages, Credible Viral Marketing Messages Terhadap Message Process Involvement dan Attitude Towards The Brand Serta Implikasinya Terhadap Purchase Intentions: Telaah pada Akun Tiktok Kiumarket. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Era pengembangan teknologi memberikan dampak pada signifikan seluruh lapisan komunikasi. Pengembangan dunia internet memicu adanya perluasan fungsi khususnya pada interaksi antar masyarakat yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang relevan dengan kondisi terkini. Salah satu platform yang mengalami pertumbuhan pesat adalah TikTok. Fitur `for you page' pada TikTok yang menawarkan algoritma unik dan berbeda dengan sosial media lainnya memungkinkan pengguna untuk turut memviralkan video unggahannya. Fenomena viral inilah yang kemudian menjadi kesempatan emas bagi Kiumarket, yaitu penjual produk lilin aromaterapi lokal untuk secara kreatif memasarkan produknya dengan menggunakan viral marketing message. Melalui penelitian ini, peneliti akan menganalisa pengaruh dari faktor pembentuk konten viral marketing message meliputi entertaining, informative dan credible yang berdampak pada purchase intentions dengan menggunakan message process involvement dan attitude towards the brand sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menargetkan seseorang berusia 18-24 tahun yang merupakan pengguna aplikasi TikTok, mengetahui merek Kiumarket, pernah menonton konten video viral milik Kiumarket di TikTok dan belum pernah melakukan pembelian produk Kiumarket. Penelitian ini menggunakan 5 hipotesis yang dianalisa menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dan diolah dengan aplikasi LISREL 8.80. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada entertaining dan informative viral marketing message terhadap purchase intentions melalui message process involvement dan attitude towards the brand sebagai variabel mediasi. Sedangkan credible viral marketing message terbukti tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap message process involvement.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | viral marketing, entertaining viral marketing message, informative viral marketing message, credible viral marketing message, message process involvement, ads value, attitude towards the brand, dan purchase intentions |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 06:50 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 02:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17977 |
Actions (login required)
View Item |