Pengaruh Konten Instagram @teamnxl terhadap Customer Engagement

Calvindoro, Gilbert (2021) Pengaruh Konten Instagram @teamnxl terhadap Customer Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (71kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (467kB)

Abstract

Perkembangan games di dunia membawa efek terlahirnya banyak banyak tim esports di Indonesia. Salah satu tim esports tertua di Indonesia adalah NXL. NXL menggunakan Instagram sebagai platform dalam berinteraksi dengan para penggemarnya. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh konten Instagram terhadap customer engagement pada followers akun Instagram @teamnxl. Penelitian ini mengacu pada konsep user generated content, dengan dimensi konten 7C's meliputi context, clear, concise, concrete, coherent, complete, dan courteous. Sedangkan konsep customer engagement terbagi menjadi aspek kognitif, aspek emosional, aspek behavioral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi pada penelitian ini diambil dari followers akun Instagram @teamnxl dengan jumlah sampel 100 responden yang diambil secara purposive sampling. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 59,8% terhadap customer engagement. Saran dari penelitian ini, yaitu memberikan konten yang menunjukkan tim solid dan memberikan pengetahuan tentang esports sehingga membuat para penggemar NXL memberikan lebih banyak likes dan comment dan lebih mensupport NXL.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: User Generated Content, Konten Instagram, Customer Engagement, esports
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:03
Last Modified: 15 Apr 2023 08:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item View Item