Fajri Hamdiah, Diana (2021) Analisa Pengaruh Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Perceived Consumer Effectiveness, dan Environmental Knowledge terhadap Purchase Intention to Organic Hijab: Telaah pada Brand Hijab Zayana Organic. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pertumbuhan jumlah umat muslim di Indonesia menjadi salah satu pemicu utama yang mendorong pertumbuhan industri fashion muslim di Indonesia. Peluang bisnis fashion muslim ini membuat pelaku bisnis berlomba-lomba untuk melakukan inovasi pada produknya. Zayana Organic menawarkan peluang baru untuk hijab organik yang dibuat dengan metode produksi berkelanjutan untuk menggantikan hijab konvensional dan polyester untuk perlindungan lingkungan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Meski hijab organik merupakan inovasi yang menarik, ternyata Zayana sendiri memiliki tantangan dalam mendapatkan pelanggan baru. Hal ini diduga karena masih banyak orang yang meragukan manfaat dari produk hijab organik. Selain itu, perhatian kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan dan kesehatan yang masih tergolong rendah, harga produk ramah lingkungan yang cukup mahal membuat para pebisnis yang menghasilkan produk organik seperti Zayana Organic mendapat tantangan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat pembelian hijab organik. Sebuah survei online dilakukan dan analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antar variabel. 160 tanggapan survei yang memenuhi syarat dikumpulkan untuk analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norms, perceived consumer effectiveness, dan environmental knowledge berpengaruh positif terhadap purchase intention hijab Zayana Organik. Sedangkan, perceived behavioral control tidak memiliki pengaruh signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | attitude, subjective norms, perceived behavioral control, perceived consumer effectiveness, environmental knowledge, purchase intention, sustainable fashion, organic hijab |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 001 Knowledge 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 179 Other ethical norms 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 04:07 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 00:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18010 |
Actions (login required)
View Item |