Proses Pembuatan Newsgame "Anak Gemuk ≠ Sehat"

Angela Suhaeri, Anggie (2021) Proses Pembuatan Newsgame "Anak Gemuk ≠ Sehat". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (309kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (512kB)

Abstract

Newsgame: Anak Gemuk Sehat Oleh: Anggie Angela Suhaeri Newsgame: Anak Gemuk Sehat merupakan karya jurnalistik berupa permainan atau newsgame yang mengusung topik bahaya obesitas bagi anak. Topik tersebut menjadi penting untuk diangkat karena data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukan kecenderungan obesitas kian meningkat akibat perkembangan teknologi. Adapun tujuan dibuatnya newsgame ini adalah mengedukasi dan meningkatkan kesadaran orang tua serta anaknya tentang bahaya obesitas. Newsgame ini juga memberikan fitur interaktif yang memungkinkan para pemain untuk mengetahui status Indeks Massa Tubuh (IMT) pada diri mereka atau anak mereka sendiri. Selain mengetahui status IMT, para pemain juga diajak untuk mempelajari cara menghitung kalori untuk kebutuhan sehari-hari anak. Dengan demikian, diharapkan pemain dapat merefleksikan hasil dari permainan ini dan mengubah pola makan apabila hasilnya menunjukan indikasi obesitas. Alasan penulis memilih newsgame sebagai format penyajian topik ini tak lain adalah tingkat interaktivitas yang unggul dibandingkan media linear yang telah mengangkat topik serupa. Dengan tingkat interaktivitas yang unggul, penulis juga berharap penyampaian informasi akan berlangsung lebih efisien. Selain itu, penulis juga berharap anak-anak berumur 5-12 tahun dapat turut bermain bersama orang tuanya dan ikut memperoleh informasi yang berguna. Proses pembuatan newsgame ini dibantu oleh dua rekan penulis yang berperan sebagai game programmer dan graphic designer. Adapun newsgame ini telah dipublikasikan di website salah satu media lokal di Bogor, yakni BogorDaily.net.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: newsgame, obesitas anak, permainan edukatif, bahaya obesitas anak, interaktivitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:24
Last Modified: 14 Jun 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item