Hubungan Terpaan Video YouTube Remotivi dan Tingkat Pendidikan dengan Kemampuan Literasi Media Masyarakat Jabodetabek

Aryaputra, Khema (2021) Hubungan Terpaan Video YouTube Remotivi dan Tingkat Pendidikan dengan Kemampuan Literasi Media Masyarakat Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (580kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (244kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media daring tumbuh dengan sangat cepat. Persaingan yang padat dan tuntutan yang cepat membuat kualitas informasi tidak lagi menjadi fokus utama. Hal ini berpotensi menyebabkan beragam berita di media mengalami permasalahan seperti informasi yang tidak akurat, tidak mendalam, bias dan lain sebagainya. Namun dikarenakan media merupakan jendela informasi maka masyarakat terbiasa untuk mengonsumsi konten- konten tersebut begitu saja. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif di tengah masyarakat seperti munculnya perasaan tidak aman, pandangan yang keliru terhadap suatu peristiwa, ketakutan, bahkan hingga konflik dan kericuhan. Karena itu, kemampuan literasi media menjadi skill yang sangat dibutuhkan di era ini. Literasi media merupakan kemampuan untuk bersikap kritis dalam upaya terhindar dari efek media yang merugikan. Remotivi adalah lembaga kajian media yang menayangkan kontennya berbagai platform. Pada YouTubenya, Remotivi membuat konten video edukasi mengenai berbagai aspek literasi media seperti cara analisis, makna pesan yang disampaikan media, serta beragam hal yang terkait dengan kemampuan literasi media. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui apakah terpaan konten Remotivi dan tingkat pendidikan memiliki hubungan dengan kemampuan literasi media masyarakat Jabodetabek. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji korelasi berganda. Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 420 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan video YouTube Remotivi pada responden termasuk dalam kategori cukup. Tingkat pendidikan responden termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan literasi media responden termasuk dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan antara terpaan video YouTube Remotivi dan tingkat pendidikan dengan kemampuan literasi media dengan angka signifikansi 0.000. Kekuatan hubungan termasuk kategori rendah dengan angka korelasi 0.344.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kajian media, literasi media, informasi, ilmu komunikasi, jurnalistik
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:32
Last Modified: 14 Jun 2023 01:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item