Praktik Penggunaan Media Sosial Tik Tok dalam Aktivitas Jurnalisme Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Kompas TV

Wijaya, Deskhila (2021) Praktik Penggunaan Media Sosial Tik Tok dalam Aktivitas Jurnalisme Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Kompas TV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini membahas media sosial Tik Tok yang digunakan atau dimanfaatkan oleh Kompas TV sebagai perpanjangan tangan untuk penyebarluasan beritanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana media online (Kompas TV) mendefinisikan dan mengkonstruksikan Tik Tok sebagai saluran distribusi informasi atau berita. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori Social Construction of Technology (SCOT) terkandung empat tema di dalam SCOT yakni Relevant Social Groups, Interpretative Flexibility, Closure and Stabilization, dan Wider Context. Teori ini membahas bahwa teknologi merupakan hasil dari konstruksi sosial. Di penelitian ini, peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif dan fokus penelitian pada paradigma konstruktivis, metode analisis yang digunakan yaitu studi kasus model Robert K. Yin. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa: Relevant Social Groups sebagai aktor atau kelompok sosial yang memiliki pandangan berbeda yakni sebagai penyebaran informasi dan tempat revenue perusahaan, Interpretative Flexibility yang merupakan pandangan kelompok sosial terdapat lima varian fungsi, meliputi: 1) penyebaran informasi, 2) pemasaran, 3) menyosialisasikan Tik Tok ke penonton, 4) pemenuh kebutuhan penonton masa kini, 5) interaktivas, Closure & Stabilization yang berarti perdebatan yang mencapai kesepakatan, di Kompastvnews meski pada awalnya terdapat perdebatan tetapi sudah ditemukan kesepakatan dengan mendefinisikan ulang pengertian mengenai Tik Tok, Wider Context, dorongan yang memicu Kompastvnews menggunakan Tik Tok berupa: 1) gaya hidup, yakni di zaman sekarang masyarakat tidak terlepas dari penggunaan media sosial 2) konsumsi media ialah mengakses informasi/berita melalui media sosial dalam hal ini Tik Tok dan 3) faktor persaingan dengan media lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tik Tok, Media Sosial, Social Construction of Technology, Kompas TV, Studi Kasus
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:33
Last Modified: 21 Jun 2023 02:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18065

Actions (login required)

View Item View Item