Hubungan Konsumsi Media dan Gratifikasi dengan Peneguhan Identitas pada Pelajar Indonesia di Rusia

Nurhidayah Jannah, Balqis Hijrah (2021) Hubungan Konsumsi Media dan Gratifikasi dengan Peneguhan Identitas pada Pelajar Indonesia di Rusia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (360kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (433kB)

Abstract

Gelombang pelajar Indonesia menuntut ilmu ke luar negeri membuatnya harus meninggalkan kota dan negara dalam kurun waktu tertentu. Akibatnya, imigran bergantung pada media untuk mengakses informasi mengenai tanah airnya. Adapun konsumsi media dilakukan imigran agar mencapai kepuasan dalam bermedia. Kebutuhan imigran ini juga terkait dengan peneguhan identitasnya sebagai warga Indonesia walaupun berada di negara lain. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara konsumsi media dan gratifikasi dengan peneguhan identitas pelajar Indonesia di Rusia. Identitas yang diukur dalam penelitian ini ialah identitas sebagai bagian dari paguyuban Indonesia di Rusia. Rusia merupakan salah satu pilihan negara tujuan pelajar. Adapun teori yang mendukung penelitian ini adalah uses and gratifications. Teori ini menjelaskan penggunaan media untuk memenuhi kebutuhan pelajar Indonesia. Kebutuhan tersebut juga berkaitan dengan peneguhan identitas pelajar Indonesia di Rusia. Kemudian, riset ini diteliti menggunakan metode kuantitatif. Survei disebarkan pada 550 pelajar Indonesia di Rusia dengan teknik bola salju. Kemudian, analisis data riset ini menggunakan uji korelasi pearson. Adapun hasil dari penelitian ini menemukan terdapat korelasi antara konsumsi media dan gratifikasi dengan peneguhan identitas pelajar Indonesia di Rusia. Namun, korelasi kedua variabel ini lemah, yaitu sebesar 0,343. Penemuan lainnya ialah tingkat konsumsi media, gratifikasi, dan peneguhan identitas pelajar Indonesia tinggi dengan rata-rata sebesar 3,78 untuk konsumsi media, 3,86 untuk gratifikasi, dan 3,51 untuk peneguhan identitas. Adapun dalam pelaksanaan penelitian, terjadi kekurangtepatan pada penggunaan variabel `pola konsumsi' dan `gratifikasi'sehingga data yang diukur kurang akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: konsumsi media, identitas sosial, pelajar Indonesia
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 178 Ethics of consumption
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:50
Last Modified: 19 Jun 2023 02:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item View Item