Christ Evelyn, Natasya (2021) Analisis Pengaruh Firm-Created Social Media Communication dan User-Generated Social Media Communication Terhadap Brand Equity dan Brand Attitude, serta Implikasinya terhadap Purchase Intention: Telaah pada Pizza Hut Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pandemi covid-19 membuat ekonomi di Indonesia menurun dari segala sektor industri, terutama sektor makanan dan minuman. Salah satu perusahaan F&B yang terkena dampak adalah Pizza Hut Indonesia mengalami kerugian sebesar Rp94 miliar. Sehingga Pizza Hut Indonesia melakukan promosi dari media sosial. Dampak pandemi covid-19 membuat konsumen banyak yang berhenti mengkonsumsi Pizza Hut dengan alasan tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan variabel Firm-Created Social Media Communication, User-Generated Social Media Communication, Brand Equity dan Brand Attitude yang dapat mempengaruhi niat beli konsumen terhadap Pizza Hut Indonesia. Penelitian terdahulu tentang pengaruh User-Generated SMC terhadap brand attitude memiliki celah penelitian ada yang signifikan dan ada yang tidak berpengaruh hal ini akan diteliti lebih lanjut dengan analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang melibatkan 126 responden yang telah lulus screening ketentuan penelitian, yaitu yang sudah pernah mengkonsumsi Pizza Hut, mengikuti media sosial Pizza Hut, dan pernah mengunggah konten (teks, audio, gambar, dan vidio) Pizza Hut ke media sosial milik pribadi. Hasil analisis menunjukan bahwa User-Generated SMC mempengaruhi Brand Equity secara postif tetapi tidak mempengaruhi Brand Attitude secara signifikan, karena semua responden sudah pernah mengkonsumsi Pizza Hut dan memiliki pengalaman tersendiri, sehingga konten yang dibuat dapat meningkatkan ekuitas namun tidak merubah perilaku. Firm-created SMC tidak mempengaruhi Brand Equity tetapi memperngaruhi Brand Attitude secara positif, karena konten yang dibuat Pizza Hut dapat dicari konsumen sebagai informasi adakah promo atau diskon, sehingga tidak mempengaruhi ekuitas merek tetapi perilaku menjadi positif. Sedangkan Brand Attitude mempengaruhi Brand Equity secara positif dan keduanya mempengaruhi niat pembelian konsumen secara positif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Firm-created SMC, User-Generated SMC, Brand Equity, Brand Attitude dan Purchase Intention |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 08:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18094 |
Actions (login required)
View Item |