Analisis Pengaruh Firm-Created Social Media Communication dan User-Generated Social Media Communication Terhadap Brand Equity dan Brand Attitude, serta Implikasinya terhadap Purchase Intention: Telaah pada Pizza Hut Indonesia

Christ Evelyn, Natasya (2021) Analisis Pengaruh Firm-Created Social Media Communication dan User-Generated Social Media Communication Terhadap Brand Equity dan Brand Attitude, serta Implikasinya terhadap Purchase Intention: Telaah pada Pizza Hut Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (133kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pandemi covid-19 membuat ekonomi di Indonesia menurun dari segala sektor industri, terutama sektor makanan dan minuman. Salah satu perusahaan F&B yang terkena dampak adalah Pizza Hut Indonesia mengalami kerugian sebesar Rp94 miliar. Sehingga Pizza Hut Indonesia melakukan promosi dari media sosial. Dampak pandemi covid-19 membuat konsumen banyak yang berhenti mengkonsumsi Pizza Hut dengan alasan tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan variabel Firm-Created Social Media Communication, User-Generated Social Media Communication, Brand Equity dan Brand Attitude yang dapat mempengaruhi niat beli konsumen terhadap Pizza Hut Indonesia. Penelitian terdahulu tentang pengaruh User-Generated SMC terhadap brand attitude memiliki celah penelitian ada yang signifikan dan ada yang tidak berpengaruh hal ini akan diteliti lebih lanjut dengan analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang melibatkan 126 responden yang telah lulus screening ketentuan penelitian, yaitu yang sudah pernah mengkonsumsi Pizza Hut, mengikuti media sosial Pizza Hut, dan pernah mengunggah konten (teks, audio, gambar, dan vidio) Pizza Hut ke media sosial milik pribadi. Hasil analisis menunjukan bahwa User-Generated SMC mempengaruhi Brand Equity secara postif tetapi tidak mempengaruhi Brand Attitude secara signifikan, karena semua responden sudah pernah mengkonsumsi Pizza Hut dan memiliki pengalaman tersendiri, sehingga konten yang dibuat dapat meningkatkan ekuitas namun tidak merubah perilaku. Firm-created SMC tidak mempengaruhi Brand Equity tetapi memperngaruhi Brand Attitude secara positif, karena konten yang dibuat Pizza Hut dapat dicari konsumen sebagai informasi adakah promo atau diskon, sehingga tidak mempengaruhi ekuitas merek tetapi perilaku menjadi positif. Sedangkan Brand Attitude mempengaruhi Brand Equity secara positif dan keduanya mempengaruhi niat pembelian konsumen secara positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Firm-created SMC, User-Generated SMC, Brand Equity, Brand Attitude dan Purchase Intention
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:30
Last Modified: 09 Jun 2023 08:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18094

Actions (login required)

View Item View Item