Analisis Pengaruh Faktor Usability Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Mobile: Telaaah pada Aplikasi Gojek

Ilham Hadi Putra, Muhammad (2021) Analisis Pengaruh Faktor Usability Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Mobile: Telaaah pada Aplikasi Gojek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (834kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (94kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan era digital di seluruh dunia yang begitu cepat, mendorong perubahan signifikan dalam gaya hidup masyarakat tanpa terkecuali di Indonesia. Beberapa contoh perkembangan industri akibat pertumbuhan di era digital adalah industri e-commerce, online travel, dan online media. Indonesia memiliki tingkat penetrasi Internet sebesar 64,8% dan pada umumnya terhubung kepada Internet telepon genggam. Hal ini mendorong industry ride hailing juga ikut berkembang akibat tingginya aktivitas belanja online di Indonesia. Konsumen akan memiliki rasa loyalitas pada suatu layanan jasa ride hailing jika layanan tersebut bisa memberikan tingkat design aesthetics yang berdampak pada perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment yang didapatkan. Hal ini kemudian akan mempengaruhi loyalty seseorang terhadap suatu layanan aplikasi ride hailing. Gojek merupakan salah satu bisnis ride hailing berbasis aplikasi di Indonesia yang hadir sebagai solusi untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas sehari ­ hari masyarakat. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah design aesthetics memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment, serta implikasinya terhadap loyalty seseorang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 124 responden. Data yang diperoleh kemudian akan diolah menggunakan SPSS dan LISREL. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa design aesthetics memiliki pengaruh positif terhadap perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment. Akan tetapi, design aesthetics tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived enjoyment. Selain itu, perceived usefulness terbukti memiliki pengaruh positif terhadap loyalty dan perceived enjoyment juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap loyalty.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: design aesthetics, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived enjoyment, loyalty
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.01 Factors of Production
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:00
Last Modified: 22 Jun 2023 07:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18112

Actions (login required)

View Item View Item