Bersekolah di Masa Pandemi

Pandu Pawenang, Gustama (2021) Bersekolah di Masa Pandemi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Bersekolah di masa pandemi merupakan aktivitas kegiatan pendidikan dengan gaya belajar yang baru. Jika pada masa sebelum pandemi para siswa-siswi mendapat pengajaran dan pembimbingan langsung dari guru sekolah, kini aktivitas pengajaran dan pembimbingan belajar beralih ke tangan orang tua masing-masing. Tentunya gaya belajar baru semasa pandemi tidaklah mudah bagi para siswa-siswi sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga, karena mereka belum mampu belajar secara mandiri. Peran guru sangatlah penting untuk membantu para siswa-siswi mencerna materi belajar. Maka dari itu pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua dalam membimbing putra-putrinya belajar. Aktivitas gaya belajar baru ini memang memiliki tantangan, diantaranya tidak semua keluarga memiliki fasilitas belajar yang memadai dan para orang tua yang kesulitan dalam membagi waktu antara mengerjakan pekerjaan pokok rumah tangga dengan mendampingi putra-putrinya belajar. Namun para orang tua mencoba untuk beradaptasi dengan situasi gaya belajar baru ini, hasilnya dengan mempraktekan kegiatan belajar dari rumah membuat para siswa-siswi menjadi lebih erat secara emosional dengan orang tua ketika belajar. Selain itu para orang tua jadi lebih memahami daya belajar anak mereka dan menjadi lebih peduli terhadap potensi yang dimiliki putra-putrinya. Kegiatan gaya belajar yang unik ini dikemas secara visual dengan menggunakan medium buku foto sebagai sarana penyajiannya. Buku foto terdiri dari enam puluh enam halaman dengan berisikan foto-foto yang menceritakan bagaimana proses pendidikan pada sekolah dasar dilaksankan selama pandemi. Selain itu penulis juga menyisipkan narasi di halaman awal buku untuk menceritakan tentang bagaimana gaya belajar baru semasa pandemi dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Foto Jurnalistik, Buku Foto, Pendidikan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:25
Last Modified: 28 Apr 2023 07:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item