Karunia Ciptananda, Andaru (2021) Engaging Journalism pada News Podcast di Indonesia: Studi Kasus Apa Kata Tempo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Era perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuat sejumlah media konvensional harus mengikuti perkembangannya. Beberapa mampu beradaptasi, selebihnya harus gulung tikar. Cara untuk beradaptasi adalah dengan membuat kanal baru di media digital, salah satunya adalah Podcast. Salah satu kelebihan media digital adalah adanya interaksi langsung antara media dengan audiens. Akan tetapi, platform digital Podcast khususnya di Spotify tidak memiliki kolom komentar atau bahkan personal message yang menjembatani interaksi antara keduanya. Dengan itu, engaged journalism perlu dilakukan agar sebuah kanal podcast dapat tetap menjaga interaksi dengan pendengarnya. Di tengah tren podcast di Indonesia dikuasai oleh kanal yang berisikan konten komedi, horor, dan cerita sehari-hari, apakah media berita dapat bersaing di dalamnya telah menjadi pertanyaan besar. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana cara media konvensional melakukan engaged journalism dalam upaya menjaga interaktivitas dengan audiens mereka. Penelitian ini menggunakan konsep engaging journalism d engan cara pandang studi kasus dalam melihat permasalahan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Objek penelitian dalam karya ini adalah kanal Podcast "Apa Kata Tempo."
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | News Podcast, Engaging Journalism, Podcast Indonesia, Audio Journalism |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 07:53 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 03:37 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18141 |
Actions (login required)
View Item |