Faiharani, Kansha (2021) Analisis Pengaruh Leader Member Exchange, Climate for Innovation terhadap Innovative Behavior: Telaah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pada era globalisasi dan memasuki era industry 4.0 saat ini, dengan kemajuan teknologi dan dinamika yang pesat dan penuh ketidakpastian, suatu organisasi dituntut untuk berdaya saing dan berinovasi agar tetap dapat bertahan dan berkembang. Melakukan inovasi menjadi suatu keharusan, bukan hanya swasta saja tetapi organisasi pemerintah juga harus berinovasi agar selalu memberikan kinerja yang baik dan pelayanan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh leader member exchange (LMX) dan climate for innovation (CFI) terhadap innovative behavior (IB) pada Bappeda Kabupaten Tangerang, yang merupakan organisasi dengan tugas pokok yang strategis dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah dan melaksanakan penelitian pengembangan serta pendampingan dalam inovasi perangkat daerah. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner kepada 51 orang karyawan tetap (ASN) pada Bappeda Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung pada LMX adalah sebesar 3.764 dimana nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2.009. Pada nilai signifikansi untuk LMX mempunyai nilai 0,000 yakni nilai tersebut di bawah 0,05. Dapat disimpulkan LMX berpengaruh signifikan terhadap innovative behavior. Namun, ditemukan variabel CFI tidak berpengaruh signifikan terhadap innovative behavior hal ini karena nilai thitung pada CFI sebesar 0.206 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai ttabel sebesar 2.009. Pada nilai signifikansi CFI yakni 0,837 dimana nilai signifikansi tersebut di atas 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | climate for innovation, leader member exchange, innovative behavior |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:25 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 00:25 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18166 |
Actions (login required)
View Item |