Naomi Sutanto, Jasmine (2021) Perancangan Aplikasi Manajemen Event Scheduling untuk Meningkatkan Efektivitas Event Departemen Marketing Universitas Multimedia Nusantara. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Di awal tahun 2020, semua sektor perusahaan di Indonesia dan dunia, seperti pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan kesehatan sangat terdampak akibat wabah Covid – 19. Kegiatan yang sebelumnya bertatap muka dan berkerumun secara fisik berubah menjadi virtual yang bertatap muka dengan layar untuk mencegah resiko penyebaran Covid - 19. Salah satunya adalah kegiatan event yang semula offline berubah menjadi virtual event. Departemen Marketing UMN sangat berdampak akan perubahan tersebut dan cepat untuk beradaptasi dengan virtual event. Virtual event yang diselenggarakan jumlahnya naik berkali – kali lipat sehingga membutuhkan aplikasi manajemen event yang handal. Event dikatakan berhasil apabila memperoleh jumlah peserta yang banyak dan sesuai dengan harapan pimpinan. Dalam event Departemen Marketing UMN, kenaikkan jumlah peserta belum berbanding selaras dengan kenaikkan jumlah event setiap bulannya pada tahun 2020 dan pertengahan 2021. Hal ini dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal berasal dari kondisi peserta, sedangkan faktor internal berasal dari kondisi manajemen event Departemen Marketing, khususnya dalam hal event scheduling. Aplikasi manajemen event scheduling yang saat ini digunakan dirasakan kurang mendukung proses dan progress penjadwalan event. Menurut Kilkenny dan Goldbatt, waktu atau timeline adalah alat terpenting dan krusial dalam manajemen event. Dibutuhkan transformasi digital aplikasi manajemen event scheduling terbaru berbasis Cloud Computing dan website application dengan menggunakan Scheduling Maturity Model (SMM) berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh APM Knowledge dan mempertimbangkan harapan pimpinan setempat. Dengan menggunakan SMM, penulis dapat memperoleh current state, yaitu kondisi manajemen event scheduling yang dirasakan oleh karyawan Departemen Marketing saat ini, dan dapat memperoleh future state, yaitu harapan pimpinan akan manajemen event scheduling yang akan datang. Dengan mengetahui permasalahan dan harapan pimpinan, penulis memberikan solusi atau insiatif untuk membuat aplikasi manajemen event scheduling terbaru. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, dapat memperbaiki manajemen event scheduling Departemen Marketing untuk menghasilkan event – event yang efektif, yaitu banyaknya jumlah peserta event yang akan dikonversikan sebagai pendaftar mahasiswa baru UMN. Pimpinan mengharapkan adanya kenaikkan sebanyak 20% peserta event atau sama dengan kenaikkan 20% pendapatan pendaftar mahasiswa baru UMN. Selain dari sisi pendapatan, diharapkan juga dapat menghasilkan event yang berkualitas agar UMN dapat bersaing secara nasional dan internasional. Setelah adanya aplikasi manajemen event scheduling, diharapkan juga kedepannya dapat memperluas area aplikasi menjadi aplikasi proyek manajemen event, yang di dalamnya dapat mengatur keuangan, sumber daya (karyawan), dan fitur – fitur pendukung lainnya.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | transformasi digital, virtual event, aplikasi, manajemen event, event scheduling, Digital Maturity Model |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 08:09 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 01:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18328 |
Actions (login required)
View Item |