Pranowo, Ekawati (2013) Perancangan Aplikasi Media Interaktif Cerita Rakyat Bawang Putih dan Bawang Merah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Anak – anak merupakan harapan bangsa dalam meneruskan masa depan sehingga harus di didik sejak dini untuk menyiapkan masa depan mereka. Pada jaman modern ini banyak anak Indonesia yang kurang mengetahui budaya bangsa Indonesia. Salah satu budaya bangsa adalah cerita rakyat. Melalui cerita rakyat anak – anak dapat belajar nilai – nilai moral bangsa. Tugas Akhir yang akan penulis buat ini mengenai perancangan desain buku cerit interaktif untuk komputer berdasarkan cerita rakyat “Bawang Putih dan Bawang Merah.” Desain buku cerita interaktif untuk komputer ini diperuntukkan untuk pendidikan kreatif serta pengenalan budaya nusantara yang berupa cerita rakyat kepada anak – anak di masa pendidikan usia dini (3 - 6 tahun). Dalam penyusunannya penulis melakukan metode penelitian kualitatif dengan cara wawancara dengan orangtua murid dan pengajar anak. Penulis juga melakukan penelitian kuantitatif melalui survey terhadap orangtua dan anak – anak. Data yang dihasilkan kemudian menjadi dasar pembuatan cerita rakyat interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 398 Folklore 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:03 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 01:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1848 |
Actions (login required)
View Item |