Analisa Penanda Cangkir Pada Brandmarks Coffeeshop di Jakarta

Almakki, Zamzami (2018) Analisa Penanda Cangkir Pada Brandmarks Coffeeshop di Jakarta. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 9 (1). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.

Abstract

Identitas visual memiliki peranan penting dalam sebuah usaha dan institusi. Perusahaan daninstitusi yang tidak memiliki identitas visual memiliki kecenderungan tidak dikenali dan dibedakan. Maraknya industri kopi dan lebih spesifiknya pada coffeeshop, marak pula kebutuhan akan identitas visual, untuk dikenali sebagai coffeeshop dan dibedakan dari coffeeshop lainnya. Akan tetapi, kehadiran beberapa identitas visual coffeeshop ternyatasangat mudah dikenali dengan penggunaan cangkir pada logonya. Hal tersebut yang menjadi pembahasan utama dalam penelitian yang akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika visual yang merupakan perpaduan antara tipologi brandmarks yang dikemukakan Wheeler (2009) dan struktur logo yang dikemukakan Floch (2000) serta tipe obyek tanda yang dikemukakan Pierce terhadap tanda pada brandmarks. Analisa ini diharapkan dapat menghasilkan pemahaman atas penggunaan penanda cangkir pada brandmarks coffeeshop dan pengetahuan dalam menganalisa identitas visual.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:01
Last Modified: 03 Nov 2021 07:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item