Analisis Pengaruh Perceived Risk kepada Investor Trust dan Implikasinya terhadap Intention to Invest: Telaah pada Calon Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Ajaib

Kamas Nugraha, Kalvin (2022) Analisis Pengaruh Perceived Risk kepada Investor Trust dan Implikasinya terhadap Intention to Invest: Telaah pada Calon Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Ajaib. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari ­ hari merupakan pemicu terjadinya perkembangan pesat terhadap teknologi informasi dan menjadikannya sebagai salah satu instrument sehari ­ hari. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dengan menggunakan internet sebagai landasan mempengaruhi berbagai sector aktivitas kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu sector yang sangat terpengaruh adalah bidang keuangan atau saat ini akrab disebut financial technology. Berdasarkan survey Otoritas Jasa Keuangan (2019) indeks inklusi keuangan Indonesia sebesar 76,19%, dengan salah satu fasilitas keuangan yang digemari adalah investasi, akan tetapi sangat disayangkan jumlah populasi investor masih sedikit digunakan oleh generasi muda atau generasi Z. Rendahnya minat generasi Z dipengaruhi oleh rendahnya indeks literasi keuangan, yakni 38,08%. Rendahnya literasi keuangan menyebabkan generasi Z tidak mengetahui resiko yang dapat diterima dengan baik. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui adakah pengaruh investor trust serta implikasinya terhadap intention to invest yang dipengaruhi perceived security risk, perceived privacy risk, perceived financial risk, dan perceived fraud risk. Penelitian ini menggunakan descriptive research design dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Pada penelitian ini data dari 150 responden diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Lisrel. Dari kelima hipotesis yang diajukan pada penelitian ini disimpulkan bahwa tidak semua hipotesis sesuai dengan hasil temuan hasil penelitian ini. Sehingga saran yang dapat diberikan kepada Ajaib berdasarkan penelitian ini adalah untuk memberikan perhatian lebih dari segi perceived security risk, perceived privacy risk, dan perceived financial risk sehingga dapat meningkatkan pengaruh positif terhadap Investor Trust.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perceived risk, Investor Trust, Intention to Invest vii Analisa Pengaruh, Kalvin Kamas Nugraha, FB UMN, 2021
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Nov 2022 00:31
Last Modified: 23 Jun 2023 08:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item