Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet OVO

Marchifmanty Padua, Toriness (2022) Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet OVO. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

OVO merupakan salah satu start-up yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi, yaitu financial technology (fintech). Oleh karena itu, OVO menggunakan strategi program customer relationship management (CRM) dalam membangun hubungan baik dengan pelanggannya dan mempertahankan loyalitas pelanggan / pengguna OVO. Program customer relationship management OVO dijalankan melalui adanya loyalty rewards yang disebut dengan OVO Points. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh program customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan OVO. Konsep customer relationship management (CRM) dan loyalitas pelanggan berperan sebagai acuan bagi peneliti dalam mengkaji penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei melalui penyebaran kuesioner menggunakan teknik purposive sampling kepada 220 responden yang merupakan pengguna OVO dari followers Instagram @ovo_id. Data tersebut dianalisis menggunakan uji hipotesis, hasil yang ditemukan menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung yang diperoleh lebih besar dari F tabel 3,88 atau F hitung 303,742 > F tabel 3,88, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program customer relationship management berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-wallet OVO sebesar 58,2% dan 41,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, OVO viii Pengaruh Customer Relationship..., Toriness Marchifmanty Padua, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Nov 2022 06:46
Last Modified: 28 Apr 2023 01:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item