Affandy, Ahmad (2022) Perancangan Kampanye Pengawasan dan Edukasi Orang Tua untuk Tontonan Anak Umur 6-11 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Film merupakan karya seni yang sangat tidak asing lagi di masyarakat. Banyak penikmat film yang antusias dan fanatik terhadap satu atau beberapa film. Kegemaran dalam menonton film tidak dibatasi oleh usia, mulai dari anak kecil hingga dewasa dapat menonton film. Oleh karena itu, pemerintah membuat regulasi klasifikasi film dalam Undang-Undang No.33 Tahun 2009 yang menegaskan bahwa film dibagi menjadi 4 kelas, yaitu film untuk semua umur, 13 tahun keatas, 17 tahun keatas, dan 21 tahun keatas. Namun, tidak jarang kita jumpai anak kecil yang menonton film yang tidak sesuai dengan umurnya. Padahal menurut psikolog, menonton film yang tidak sesuai umur dapat membahayakan kognitif anak kecil seperti trauma dan meniru apa yang ada dalam film. Oleh karena itu, sanget penting diadakannya edukasi orang tua mengenai tontonan anak sesuai rating agar tidak merusak pola pikir anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif berupa wawancara, studi literatur dan kuantitatif berupa studi eksisting dan kuesioner. Dari hasil penelitian dan latar belakang, dapat disimpulkan bahwa target adalah orang tua permisif yang memiliki anak dengan rentang umur 6-11 tahun dan memiliki gadget.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | film, anak, orang tua, sosial, tontonan vii Perancangan Kampanye Sosial..., Ahmad Affandy, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 07:35 |
Last Modified: | 31 May 2023 01:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19944 |
Actions (login required)
View Item |